Cara Memilih Manhole Cover yang Tepat

Cara Memilih Manhole Cover yang Tepat

Keberadaan manhole cover sebagai salah satu produk drainase sudah menjadi hal yang sangat penting untuk meningkatkan kinerja sistem drainase dalam suatu tata kota. Saking pentingnya, perencanaan pengadaan komponen manhole cover ini harus dilakukan secara matang. Oleh karena itu, sebelum anda membeli komponen tersebut, ada baiknya perhatikan terlebih dahulu tips dan cara memilih manhole cover yang tepat untuk tata drainase kota anda berikut ini. Agar nantinya anda dapat memperoleh kebermanfaatan penggunaan manhole cover secara maksimal.

Sesuaikan kekuatan material manhole cover dengan kebutuhan di lapangan

Hal pertama yang harus anda perhatikan dalam memilih manhole cover yang tepat adalah menyesuaikan kelas manhole cover dengan lokasi pengaplikasinnya. Kelas di sini merupakan tingkatan kekuatan manhole cover terhadap beban yang menimpanya. Jika anda akan memasangnya di area pedestrian, maka kelas ringan hingga medium duty (kelas menengah) saja sudah cukup untuk bisa menahan beban para pejalan kaki. Apabila anda memilih manhole cover heavy duty (kelas berat) dengan daya tahan beban yang lebih besar untuk area pedestrian tersebut tentu saja sangat tidak efisien.

Buat desain manhole cover yang menarik

Di negara-negara maju seperti Jepang, manhole cover sudah menjadi aset perabot jalan yang bernilai estetika tinggi. Manhole cover di negara sakura tersebut didesain secara atraktif, out of the box sehingga membuatnya menjadi hiasan jalan yang menarik. Kota anda pun bisa tampil secara unik dan berkarakter dengan memilih desain manhole cover yang jauh dari kata biasa-biasa saja. Anda dapat menambahkan tulisan, nama dan kota/ instansi. Hingga gambar atau ornamen-ornamen lainnya dengan pemilihan warna yang tak kalah menarik pula untuk mencuri perhatian pengguna jalan dan membuat kota anda menjadi lebih ikonik.

Sesuaikan bentuk manhole cover dengan area sekitar

Meski manhole cover dapat dibuat dengan variasi bentuk yang beragam dan anda pun bebas memilih konsepnya. Namun ada yang perlu diingat, jangan sampai anda mengesampingkan kondisi area pemasangan manhole cover itu sendiri. Contohnya saja, jika pemasangan manhole cover di area pedestrian yang telah dipasangi paving block berbentuk kotak. Maka akan lebih baik jika anda memilih bentuk manhole cover berbentuk kotak pula. Singkatnya, sesuaikan bentuk manhole cover dengan kondisi lantai di area pemasangannya. Agar nantinya tampilan jalanan kota selain menjadi atraktif dan unik, namun ia juga tetap enak dipandang 

Terakhir, pilih manhole cover yang berengsel

Secara umum manhole cover terdiri dari 2 jenis, berengsel dan tanpa engsel. Penggunaan manhole cover berengsel memiliki keunggulan lebih dalam hal keamanan. Adanya engsel ini berfungsi untuk menyatukan bagian frame dengan tutup manhole sehingga manhole jenis ini tidak mudah terpisah dan hilang.

Itulah beberapa cara memilih manhole cover yang tepat yang dapat anda pertimbangkan sebelum membelinya. Jika masih ada kendala dalam perencanaan komponen penunjang drainase, anda bisa mengkonsultasikan kepada kami kebutuhan anda sekarang juga. Kami, sebagai perusahaan manufaktur pengecoran logam yang telah berpengalaman akan senantiasa melayani anda dengan sepenuh hati demi terpenuhinya kebutuhan produk manhole cover terbaik dan termurah hanya untuk anda.

Bagikan

Artikel

manhole coverpenutup lubang jalan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Futago Karya