Tutup Manhole (Manhole Cover) Sebagai Identitas Kota

Tutup Manhole Sebagai Identitas Kota

Seperti yang telah kita ketahui, di setiap sistem drainase pasti terdapat titik-titik akses berupa lubang di permukaan tanah. Lubang ini merupakan tempat yang menjadi akses petugas masuk ke dalam saluran drainase seperti gorong-gorong, got, dan saluran bawah tanah lainnya untuk melakukan pengecekan, perawatan, maupun perbaikan saluran drainase. Lubang-lubang tersebut tentunya tidak mungkin dibiarkan saja karena ukurannya cukup besar. Dan seringkali berada di jalan raya, area pedestrian, maupun tempat publik lainnya sehingga dapat membahayakan masyarakat sekitar. Maka dari itu, peran tutup manhole (manhole cover) berjalan disini. Ia merupakan benda berupa lempengan besi cor yang berfungsi menjadi penutup lubang gorong-gorong.

Lebih dari sekedar penutup lubang gorong-gorong

Seiring berjalannya waktu dan banyaknya pengaruh tren desain dari negara-negara maju. Kini penggunaan manhole cover di Indonesia tak hanya dijadikan sebagai penutup lubang gorong-gorong saja. Melainkan ia juga digunakan sekaligus menjadi hiasan/ perabot jalan yang bernilai seni tinggi. Banyak pengelola ruang kota pun berlomba-lomba menghadirkan desain manhole cover yang unik, berciri khas, dan jauh dari kata biasa-biasa saja untuk menjadikannya sebagai identitas kota.

Bagaimana bisa tutup manhole menjadi identitas kota?

Pada era globalisasi ini suatu kota dalam perkembangannya perlu adanya suatu citra/ identitas kota sebagai penambah daya tarik kota. Banyak elemen-elemen pembentuk identitas kota termasuk juga melalui pemasangan manhole cover ini. Hal ini mengingat, pemahaman   seseorang tentang suatu kota akan lebih mendalam melalui kesan visual. Terlebih keberadaan manhole cover sering kali hadir di area-area pusat kota yang sering dilalui banyak orang.

Membentuk tutup manhole sebagai identitas kota dapat dimulai dari pemilihan desain manhole yang berkarakter. Contohnya dengan menambahkan nama, logo, warna, hingga ornamen khas kota. Dengan berbekal terobosan tampilan manhole cover nan atraktif, menonjol dan beda dari yang lain. Tentunya membuat jalanan kota anda menjadi lebih ikonik. Juga menjadi pusat perhatian hingga menambah kesan di hati orang yang melihatnya.

Kini saatnya anda menggandeng vendor yang tepat untuk mewujudkan penataan kota yang lebih baik. Untuk itu kami, Futago Karya hadir sebagai produsen dan supplier manhole cover berkualitas yang dapat disesuaikan dengan pesanan dan kebutuhan anda. Kami sangat terbuka untuk berdiskusi mengenai konsep/ desain yang anda inginkan untuk  menghasilkan manhole cover penunjang sistem drainase sekaligus menjadikannya sebagai ikon/ identitas bagi kota anda. Hubungi kami sekarang juga dan dapatkan penawaran terbaik dari kami!

Bagikan

Artikel

manhole cover

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *