Jual Guiding Block Tactile Paving Jalur Tunanetra


Jual Guiding Block – Banyak masyarakat khususnya yang bertempat tinggal di daerah perkotaan pastinya sering menemukan ubin atau keramik yang diatasnya mempunyai desain timbul seperti bulatan-bulatan kecil ataupun berupa garis-garis yang memanjang.

Keramik dengan tekstur berpola diatasnya ini bukanlah untuk memperindah tatanan kota semata, namun juga untuk mendukung dalam memandu penyandang difabel untuk menemukan jalur yang tepat dan aman.

Keramik berpola ini sering disebut dengan nama Guiding Block atau Tactile Paving. Guiding Block jalur pemandu Tunanetra ini bisa disebut sebagai keramik yang mempunyai permukaan berpola yang berperan untuk menjadi media dalam menuntun penyandang Tunanetra untuk menemukan jalur yang aman untuk melangkah dan mempermudah penyandang Tunanetra tersebut dalam menuju tempat tujuan.

Jadi sangat besar fungsi dari Tactile paving ini menjadi lantai berpola yang difungsikan untuk membantu memberikan kemudahan pada Tunanetra dan pejalan kaki lainnya.

Pengertian Guiding Block

Pengertian Guiding Block

Tactile paving adalah salah satu ubin yang sekarang ini sering ditemukan sebagai salah satu fasilitas umum baik di fasilitas pada bangunan gedung maupun pada jalan-jalan.

Tactile paving jalur pemandu Tunanetra ini sudah banyak tertempel khususnya pada kota-kota besar misalnya saja Tactile guiding block di kota Jakarta, Semarang, Jogjakarta, Solo, Madiun, Surabaya, Bali, Balikpapan.

Meskipun sudah banyak sekali tertempel di banyak lokasi, rupanya ada beberapa masyarakat yang masih belum mengerti fungsi dan peran dari guiding block tactile paving tersebut.

Penggunaan Tactile paving ini telah popular digunakan di negara-negara maju dan saat ini sudah ada peraturan perundang-undangannya guna mewujudkan jalan yang baik bagi penyandang difabel.

Fungsi Guiding Block

Tujuan dari pengaplikasian Tactile guiding block ini difungsikan sebagai keramik khusus yang dipasang untuk memandu dan menunjukkan arah kepada penyandang Tunanetra agar dapat menjamin kenyamanan saat berjalan baik untuk penyandang Tunanetra maupun bagi pejalan kaki yang lain.

Selain itu, ada beberapa peran dan fungsi dari pemasangan Tactile paving ini, antara lain:

  1. Untuk Memandu Berjalan Penyandang Tunanetra
    Guiding Block mempunyai peranan utama yaitu sebagai sarana dalam mengarahkan para Tunanetra dalam berjalan dengan aman tanpa rasa takut akan tertabrak oleh kendaraan maupun dari hal-hal lainnya.

Pada Tactile paving block ini terdapat motif yang berguna untuk memberikan tanda untuk menjadi pemandu jalan bagi penyandang disabilitas dalam melangkah. Pada Guiding Block ini terukir dua bentuk pola yang tidak sama yang diambil dari huruf Braile.

Dua motif itu adalah pola garis-garis lurus yang memiliki fungsi untuk menyokong dalam memandu dan mengarahkan penyandang difabel, selain itu pun pola ini juga mempunyai makna bahwa di jalan tersebut dapat terus berjalan, Tactile guiding block ini sering disebut dengan Tactile paving Line type. Guiding block tactile paving line type ini biasa dipasang sejajar memanjang mengikuti rute jalan.

Satu bentuk pola yang lain yaitu Tactile paving dengan motif bulatan-bulatan kecil atau titik bulat yang sering dikenal dengan sebutan Guiding Block Spot type. Guiding Block spot type berguna untuk memberikan petunjuk untuk memberitahukan bahwa adanya perubahan situasi atau tanda untuk berhenti.

  1. Memberikan keamanan untuk penyandang disabilitas di saat berjalan
    Walaupun memiliki keterbatasan fisik, seorang penyandang disabilitas khususnya tunanetra tetap memiliki hak yang sama di dalam memakai jalanan, trotoar, dan fasilitas lainnya yang tersedia di masyarakat.

Dengan dipasangnya alat bantu itu diharapkan bisa berguna dalam meminimalisir terjadinya resiko bahaya yang bisa terjadi pada penyandang Tunanetra di waktu berjalan.

Selain itu dengan tersedianya Tactile paving ini dapat memberikan kemudahan akses bagi penyandang difabel dan juga untuk pengguna jalan lainnya.

  1. Mempercantik tampilan tata kota
    Kegunaan lain dari Tactile guiding block ini yaitu untuk menambah keindahan dari tatanan kota karena dengan pemasangan Tactile guiding block ini mampu memperindah tampilan tatanan kota seperti trotoar, jalan taman, dan lain sebagainya.

Selain itu, pastinya dengan melakukan pemasangan Guiding block tactile paving ini akan mendapatkan nilai lain yaitu sebagai kota yang peduli akan hak dan kewajiban bersama tak terkecuali bagi para penyandang difabel.

Pemasangan Tactile Paving Block

Pemasangan Guiding Block

Pemasangan Guiding block tactile paving ini merupakan suatu penerapan dari peraturan Menteri Pekerjaan Umum No. 30 tahun 2006 tentang “Pedoman Teknis Fasilitas dan Aksesibilitas pada Bangunan Gedung dan Lingkungan”.

Salah satu aksesibilitas untuk menggunakan berbagai fasilitas-fasilitas umum untuk penyandang disabilitas terutama bagi tunanetra dengan pemasangan guiding block yang mengadaptasikan tekstur huruf braile, sehingga dapat dikenali dan dapat memudahkan bagi penyandang disabilitas.

Guiding Block ini biasanya dipasang di tempat-tempat dan sarana-sarana umum seperti jalan taman, trotoar, terminal, stasiun, perpustakaan, Bank, dan lain sebagainya.

Adapun jalur-jalur yang diberikan Tactile paving ini diantaranya yakni pada jalur lalu lintas kendaraan, di jalur menuju tangga, di depan pintu masuk dan keluar gedung, di jalur pintu masuk dan keluar transportasi umum, jalur untuk pejalan kaki misalnya trotoar, jalur yang menghubungkan antara jalan dengan bangunan, serta jalur umum yang mengarah ke transportasi umum terdekat.

Selain di luar gedung bangunan, pemasangan Tactile guiding block diterapkan pada bangunan kecuali rumah pribadi dan rumah deret direkomendasikan untuk dipasangi fasilitas Tactile paving block ini untuk membantu bagi penyandang disabilitas dan lanjut usia dalam beraktivitas.

Saat ini pemakaian Tactile paving block yang dibuat dari material logam lebih banyak digemari, khususnya untuk diterapkan pada dalam gedung bangunan. Guiding Block yang diproduksi dari logam khususnya yang tahan terhadap karat.

Penerapan Guiding Block dari logam ini memiliki keunggulan baik dari desainnya yang bisa meningkatkan kawasan sekitarnya menjadi tampak lebih modern dan tatanan kota menjadi semakin rapi dan dari segi ketahanan yang tentunya akan lebih awet dan tahan lama.

Diperlukan Guiding block tactile paving yang berkualitas supaya dapat mendapatkan manfaat yang semaksimal mungkin dari pemakaian Guiding block tactile paving tersebut untuk para disabilitas maupun untuk masyarakat lainnya.

Supplier Guiding Block Berkualitas

Supplier Guiding block difabel

Jika Anda membutuhkan produk Guiding block tactile paving ini, terutama yang diproduksi dari logam yang anti dengan karatan, kami mereferensikan untuk memakai Tactile paving guiding block dari kami Futago.

Futago adalah perusahaan manufaktur yang menyediakan banyak produk turunan logam, diantaranya produk Tactile paving ini. Dari Guiding block tactile paving yang dibuat dari logam biasa hingga Guiding block tactile paving yang diproduksi dari bahan stainless yang tahan karat.

Untuk desainnya pun bisa menyesuaikan dengan permintaan dari pembeli, dan pastinya tanpa menghilangkan fungsi aslinya yaitu sebagai media untuk membantu memandu berjalan bagi difabel.

Untuk informasi ataupun berkonsultasi tentang produk Tactile paving ini dapat menghubungi nomor Telephon atau WA 0813-9399-8335 | 0813-9399-8336.

Kami FUTAGO akan selalu memberikan kepuasan dengan memberikan produk yang berkualitas dan pelayanan yang terbaik untuk setiap pelanggan kami.

Bagikan

Artikel

Jual Guiding blockJual Guiding Block Tactile Paving Jalur Tunanetra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *