Jual Guiding Block Jalur Disabilitas

Supplier Guiding block Tunanetra

Jual Guiding Block Jalur Disabilitas – Untuk masyarakat khususnya yang bertempat tinggal di sekitar kota tentunya banyak menjumpai lantai yang permukaannya mempunyai corak seperti bulatan-bulatan kecil maupun berupa garis memanjang.

Ubin atau keramik berpola ini tidak hanya difungsikan untuk memperindah tatanan kota semata, akan tetapi untuk membantu memandu penyandang disabilitas untuk menemukan jalan yang tepat dan aman.

Ubin atau keramik dengan tekstur berpola diatasnya ini sering dikenal dengan nama Guiding Block atau Tactile Paving. Guiding Block jalur pemandu difabel ini dapat dikatakan sebagai ubin yang memiliki permukaan berpola yang berfungsi untuk sarana dalam memandu penyandang difabel untuk menjumpai jalan yang tepat untuk melangkah serta menopang penyandang Tunanetra tersebut dalam menuju tempat tujuan.

begitu besar manfaat dari Tactile paving block ini sebagai lantai bertekstur yang difungsikan untuk membantu memberikan kemudahan pada pejalan kaki berkebutuhan khusus atau penyandang disabilitas khususnya Tunanetra.

Pengertian Guiding Block

Guiding block jalur difabel

Tactile paving merupakan media yang berupa ubin keramik yang saat ini cukup mudah dijumpai sebagai fasilitas yang diberikan oleh pemerintah baik di fasilitas berupa bangunan gedung maupun pada jalan-jalan.

Guiding block tactile paving jalur disabilitas ini telah banyak tertempel khususnya di daerah perkotaan seperti Tactile paving block di kota Jogja, Semarang, Jakarta, Surakarta, Surabaya, Bali, Makassar, Balikpapan, dan kota-kota lainnya.

Meskipun telah banyak sekali tertempel di berbagai tempat, rupanya ada sebagian masyarakat yang masih belum mengetahui manfaat dan kegunaan dari guiding block tersebut.

Penggunaan Guiding Block ini sudah popular dipakai di banyak negara-negara maju dan saat ini telah ada peraturan perundang-undangannya untuk menjadikan jalur baik untuk penyandang disabilitas.

Fungsi Guiding Block

Tujuan dari pengaplikasian Guiding block tactile paving ini digunakan sebagai ubin atau keramik khusus yang digunakan untuk mendukung dalam memandu penyandang difabel agar dapat menjamin kenyamanan saat berjalan baik bagi difabel ataupun bagi pejalan kaki yang lainnya.

Selain itu, ada beberapa peran dan fungsi dari penerapan Guiding block tactile paving ini, antara lain:

1. Untuk Memandu Berjalan Penyandang Difabel
Tactile paving block mempunyai peran utama yaitu sebagai alat bantu di dalam memandu para penyandang Tunanetra di saat berjalan dengan aman tanpa rasa khawatir akan tertabrak oleh kendaraan maupun dari hal-hal lainnya.

Pada Tactile guiding block ini terdapat motif yang berfungsi untuk memberikan tanda untuk menjadi pemandu jalan untuk penyandang disabilitas khususnya tunanetra di dalam berjalan. Pada Tactile paving block ini terukir dua motif yang berbeda yang dipilih dari huruf Braile.

2 bentuk pola itu adalah pola garis-garis lurus yang berguna untuk mendukung dalam memandu penyandang Tunanetra, selain itu juga bentuk pola tersebut juga memiliki makna bahwa di jalan tersebut dapat berjalan terus, Tactile guiding block ini sering disebut dengan Tactile paving block Line type. Tactile guiding block line type ini biasa ditempelkan sejajar memanjang mengikuti jalur jalan.

Satu motif yang lain yaitu Guiding block tactile paving dengan pola titik bulat atau bulatan-bulatan kecil yang sering dikenal dengan panggilan Guiding block tactile paving Spot type. Guiding Block spot type berfungsi untuk memberikan petunjuk untuk berhenti atau memberitahukan bahwa adanya perubahan situasi.

2. Memberikan keamanan untuk penyandang difabel di saat berjalan
Meski mempunyai kekurangan pada fisik, seorang penyandang disabilitas khususnya tunanetra tetap mempunyai kewajiban yang sama dalam memakai jalanan, trotoar, dan fasilitas lainnya yang ada pada masyarakat.

Dengan dipasangnya media bantu itu diharapkan bisa berfungsi dalam meminimalkan terjadinya resiko bahaya yang bisa menimpa penyandang difabel ketika berjalan.

Selain itu dengan tersedianya Guiding block tactile paving ini dapat memberikan kemudahan akses untuk Tunanetra dan juga untuk pengguna jalan lainnya.

3. Mempercantik tampilan tata kota
Fungsi yang lainnya dari Tactile paving block ini yaitu untuk menambah nilai keindahan dari tatanan kota karena dengan terdapatnya Tactile guiding block ini mampu mempercantik tampilan kota seperti trotoar, jalan taman, dan lain sebagainya.

Selain itu, tentunya dengan memasang Guiding Block ini akan mendapat nilai lebih lainnya yaitu sebagai kota yang peduli dan memperhatikan hak dan kewajiban bersama tak terkecuali untuk para penyandang difabel.

Pemasangan Tactile Paving Block

Pemasangan Guiding Block

Pemasangan Tactile guiding block ini adalah suatu penerapan dari peraturan Menteri Pekerjaan Umum No. 30 tahun 2006 mengenai “Pedoman Teknis Fasilitas dan Aksesibilitas pada Bangunan Gedung dan Lingkungan”.

Salah satu aksesibilitas untuk menggunakan berbagai fasilitas-fasilitas umum untuk penyandang disabilitas terutama bagi tunanetra dengan pemasangan guiding block yang mengadaptasikan tekstur huruf braile, sehingga dapat dikenali dan dapat memudahkan bagi penyandang disabilitas.

Guiding Block ini seringnya digunakan pada lokasi-lokasi dan fasilitas-fasilitas umum seperti trotoar, jalan, trotoar, stasiun, terminal, dan lain sebagainya.

Kemudian adapun jalur-jalur yang diberikan Guiding block tactile paving ini antara lain yakni pada jalur lalu lintas kendaraan, di jalur menuju tangga, di depan pintu masuk dan keluar gedung, di jalur pintu masuk dan keluar transportasi umum, jalur untuk pejalan kaki misalnya trotoar, jalur yang menghubungkan antara jalan dengan bangunan, serta jalur umum yang mengarah ke transportasi umum terdekat.

Selain di luar ruangan, pemasangan Guiding Block diterapkan pada gedung bangunan kecuali rumah pribadi dan rumah deret direkomendasikan untuk memakai fasilitas Guiding block tactile paving ini untuk memudahkan bagi penyandang Tunanetra dan lanjut usia dalam beraktivitas.

Sekarang ini pemakaian Tactile paving yang terbuat dari material logam lebih banyak digunakan, khususnya untuk diterapkan pada dalam gedung. Guiding block tactile paving yang terbuat dari logam hingga yang tahan terhadap karat.

Pemakaian Guiding block tactile paving dari logam ini memiliki keunggulan baik dari desainnya yang dapat menunjang kawasan sekitarnya menjadi tampak lebih modis dan tatanan kota menjadi lebih bergaya dan dari segi keawetan yang pastinya akan lebih awet dan tahan lama.

Diperlukan Tactile paving yang berkualitas agar dapat mendapatkan manfaat yang sebanyak mungkin dari penerapan Guiding block tactile paving tersebut bagi para penyandang Tunanetra maupun untuk pengguna jalan lainnya.

Supplier Guiding Block Berkualitas

Supplier Guiding block Tunanetra

Apabila Anda sedang mencari produk Tactile guiding block ini, terutama yang diproduksi dari logam yang anti dengan karatan, kami sarankan untuk menggunakan Tactile paving dari kami Futago.

Futago merupakan perusahaan manufaktur yang menyediakan berbagai produk turunan logam, diantaranya produk Guiding block tactile paving ini. Dari Guiding Block yang terbuat dari logam biasa hingga Tactile paving yang terbuat dari bahan stainless yang tahan karat.

Untuk desainnya pun dapat menyesuaikan dengan request dari customer, dan pastinya tanpa menghilangkan fungsi aslinya yaitu sebagai media untuk memandu berjalan bagi disabilitas.

Untuk info maupun bertanya tentang produk Guiding block tactile paving ini dapat menghubungi nomor Telephon atau WA pada halaman Kontak kami.
Kami FUTAGO akan selalu memberikan kepuasan dengan memberikan produk yang berkualitas dan pelayanan yang terbaik untuk setiap pelanggan kami.

Bagikan

Artikel

Guiding block difabelJual Guiding block difabelSupplier Guiding block Tunanetra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *