Pentingnya Grill Saluran Air Pada Underpass

Pentingnya Grill Saluran Air Pada Underpass

Underpass merupakan sebuah jalan/ jalur lalu lintas yang biasanya dibangun di bawah jalur perlintasan kereta api. Jalur ini identik dengan bentuknya yang seperti terowongan dan berada di bawah tanah. Fungsi dari pembangunannya sendiri yaitu untuk mengurangi kemacetan yang diakibatkan dari penumpukan kendaraan yang sering terjadi ketika kereta api melintas.

Kendati telah selesai dibangun dan difungsikannya jalur underpass di berbagai wilayah Indonesia, beberapa diantaranya masih saja mengalami permasalahan umum yang biasa terjadi di jalan underpass. Yaitu permasalahan banjir/ genangan air di permukaan jalan akibat air hujan.  Hal ini secara alamiah dapat terjadi karena struktur konstruksi jalur underpass yang menurun. Sehingga memungkinkan air hujan akan langsung mengalir ke area tersebut. Namun kenyataannya, ada banyak juga proyek underpass yang jauh dari kata banjir. Hal ini dikarenakan adanya sistem drainase yang dibangun secara memadai dan optimal. 

Bicara soal optimal tidaknya sistem drainase, maka tidak bisa dipisahkan dari adanya komponen-komponen penunjang drainase – salah satunya yaitu grill jalan. Grill jalan ini memiliki peran yang sangat penting bagi sistem drainase underpass. Diantaranya sebagai berikut:

Grill sebagai tangkapan air hujan

Grill saluran air pada underpass dipasang secara memanjang pada saluran drainase yang biasanya memotong badan jalan di area pusat terowongan/ cekungan underpass. Pemasangan di area tersebut sangat efektif untuk menghindari terjadinya genangan air. Karena air hujan yang turun ke area tersebut akan ditangkap dan dialirkan masuk kedalam saluran drainase melalui celah atau lubang-lubang grill.

Grill sebagai penyaring sampah

Selain sebagai tempat masuknya air, lubang pada grill ini juga memiliki fungsi sebagai penyaring sampah dan dedaunan agar tidak ikut masuk ke saluran drainase. Karena apabila sampah-sampah itu juga masuk ke dalam sistem drainase, maka keberadaannya bisa menyumbat saluran hingga berakibat air di saluran drainase dapat meluap.

Jika anda sedang mencari produsen grill saluran air untuk berpartner dalam proyek underpass kota anda, anda bisa memesannya di Futagotrotoar.co.id sekarang juga. Futagotrotoar.co.id menerima jasa pembuatan berbagai macam komponen drainase berkualitas sesuai dengan pesanan dan kebutuhan anda. Termasuk grill jalan, deck drain, grating, dll. Kami sangat terbuka untuk berdiskusi mengenai konsep dan spesifikasi yang anda inginkan. Jadi, hubungi kami sekarang juga dan dapatkan penawaran terbaik dari kami!

Bagikan

Artikel

grill jalangrill tangkapan air

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *