Cara Meningkatkan Fungsi Trotoar/ Pedestrian

Cara Meningkatkan Fungsi Trotoar/ Pedestrian

Trotoar/ pedestrian merupakan salah satu prasarana yang bertujuan untuk memudahkan pejalan kaki melakukan pergerakan atau perjalanan dengan menyusuri pinggiran jalanan kota. Namun faktanya, kini masih ada saja oknum-oknum yang mengalihfungsikan trotoar secara tidak bertanggung jawab. Seperti menjadikannya area berdagang, tempat parkir, hingga jalur pesepeda motor saat membelah kemacetan. Melihat dari permasalahan tersebut, selain kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya fungsi trotoar. Kurangnya pengadaan komponen penunjang dalam penataan pedestrian dapat juga menjadi salah satu sebabnya. Maka dari itu, berikut ini kami berikan sedikit ulasan mengenai beberapa cara meningkatkan fungsi trotoar/ pedestrian yang dapat anda tempuh. Untuk menjadikan fungsi trotoar kota anda menjadi lebih optimal, tampil menarik, aman, dan nyaman bagi seluruh pengguna jalan.

Memasang penerangan secara maksimal

Kondisi trotoar yang remang-remang/ kurang pencahayaan tentu saja membuat para pejalan kaki menjadi harus ekstra waspada pada saat melintas di trotoar. Pasalnya kondisi tersebut acapkali menjadi kesempatan para oknum kriminal melancarkan aksinya. Oleh karena itu, pemasangan tiang lampu pedestrian di area trotoar sudah menjadi kewajiban yang harus dipenuhi. Dengannya, kondisi lingkungan akan menjadi lebih terang dan semarak sehingga segala tindak kejahatan dapat diminimalisir.

Menyediakan fasilitas kursi pedestrian

Cara kedua yaitu menyediakan fasilitas berupa kursi pedestrian. Adanya kursi pedestrian ini dapat digunakan untuk beristirahat sejenak para pejalan kaki. Selain itu keberadaannya juga sangat efektif untuk mempercantik tampilan trotoar/ pedestrian, membuat area tersebut menjadi lebih menarik dan enak dipandang.

Menggunakan penutup lubang saluran drainase

Sering kali pembangunan trotoar dilakukan di atas saluran drainase dan meninggalkan lubang besar sebagai akses ke saluran drainase tersebut. Untuk menutup lubang tersebut biasanya dipasang komponen manhole cover pedestrian. Namun perlu diingat, ada baiknya anda memilih desain manhole yang jauh dari kata biasa-biasa saja. Karena dengan mendesain manhole secara kreatif, dapat menjadikan tampilan jalanan trotoar kota anda menjadi lebih atraktif dan ikonik.

Melindungi area trotoar dengan bollard

Masih ada saja gangguan dari kendaraan maupun perabot bergerak (gerobak jualan) di jalur pejalan kaki merupakan salah satu sebab kurangnya atribut pengaman dan penegas bahwa area trotoar dikhususkan hanya untuk pejalan kaki. Oleh karenanya, anda perlu melindungi area trotoar dengan cara memasang komponen bollard pedestrian. Tujuan dipasangnya bollard pedestrian ini tak lain dan tak bukan adalah untuk menghalau/ menghalangi kendaraan yang akan naik atau masuk ke area trotoar. Dengan begitu, para pejalan kaki pun dapat secara leluasa melintasi trotoar tanpa takut terganggu oleh kendaraan yang menerobos trotoar.

 Memasang guiding block yang ramah disabilitas

Sebagai bentuk dukungan terhadap gerakan pemerintah mewujudkan negara Indonesia menjadi negara yang ramah disabilitas. Sudah seharusnya melengkapi pembangunan jalur trotoar dengan memasang guiding block (jalur difabel). Keberadaan guiding block ini dapat membantu kaum disabilitas khususnya penyandang tunanetra untuk menuju ke suatu tempat.

Demikian beberapa cara meningkatkan fungsi trotoar yang dapat kami sampaikan. Akhir kata, jangan tunggu lebih lama lagi untuk menjadikan trotoar/ pedestrian kota anda menjadi area yang aman, nyaman, ikonik, serta ramah bagi seluruh masyarakat. Jika anda tertarik untuk memasang komponen tata pedestrian tersebut diatas, anda dapat mengkonsultasikannya bersama kami terlebih dahulu. Kami, Futago Karya akan senantiasa melayani anda dengan sepenuh hati demi terwujudnya produk-produk pedestrian yang berkualitas, murah, dan tentunya yang sesuai kebutuhan dan keinginan anda. 

Bagikan

Artikel

bollardgratinggrill jalangrill tanamanguiding blockkursi antikmanhole coversandaran parkir sepedatempat sampahtiang lamputrees case

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Futago Karya