Guiding Block untuk Jalur Tunanetra Langsung Pabrik

Jalur Guiding Block untuk Tunanetra

Guiding Block untuk Jalur Tunanetra – Untuk masyarakat khususnya yang berada di area perkotaan tentunya kerap menemui ubin yang permukaannya mempunyai corak seperti sekumpulan pola bulatan kecil maupun berupa garis-garis yang memanjang.

Keramik bertekstur ini bukan hanya untuk menambah keindahan tatanan kota semata, akan tetapi untuk menjadi alat pembantu dalam memandu penyandang Tunanetra untuk menemukan jalur yang tepat dan yang lebih aman.

Ubin berpola ini biasa disebut dengan nama Guiding Block atau Tactile Paving. Guiding block tactile paving jalur pemandu difabel ini dapat dikatakan sebagai ubin yang memiliki permukaan dengan pola yang berperan untuk menjadi media dalam mengarahkan penyandang Tunanetra untuk menemukan jalur yang aman untuk berjalan serta mempermudah penyandang difabel tersebut di dalam menuju tempat tujuan.

Jadi sangat besar kegunaan dari Guiding Block ini menjadi lantai bertekstur yang difungsikan untuk memberikan kemudahan pada pejalan kaki berkebutuhan khusus atau penyandang disabilitas khususnya Tunanetra.

Pengertian Guiding Block

Guiding Block untuk Tunanetra

Tactile guiding block adalah media yang berupa keramik yang sekarang ini cukup mudah ditemui sebagai salah satu fasilitas umum baik di fasilitas pada jalanan umum maupun pada gedung-gedung.

Guiding block tactile paving jalur pemandu Tunanetra ini telah banyak terpasang khususnya pada daerah kota-kota yang padat penduduk misalnya saja Tactile paving di kota Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, Semarang, Surakarta, Surabaya, Kalimantan, Medan, Bali, dan kota-kota lainnya di seluruh Indonesia.

Meskipun telah banyak sekali terpasang di banyak tempat, rupanya ada beberapa orang yang masih belum mengetahui fungsi dan peran dari guiding block tersebut.

Penggunaan Tactile paving ini sudah banyak dipakai di berbagai negara maju dan saat ini sudah ada peraturan perundang-undangannya untuk merealisasi jalan yang baik untuk penyandang Tunanetra.

Fungsi Guiding Block

Fungsi Guiding Block untuk Tunanetra

Tujuan dari penggunaan Tactile paving block ini difungsikan sebagai keramik khusus yang dipakai untuk membantu memandu penyandang disabilitas supaya bisa memberikan kenyamanan saat berjalan baik untuk penyandang Tunanetra maupun bagi pejalan kaki yang lain.

Selain itu, ada banyak fungsi dan peran dari pemasangan Tactile paving block ini, antara lain:

  1. Untuk Memandu Berjalan Penyandang Difabel
    Guiding block tactile paving memiliki peran utama yaitu sebagai alat bantu dalam memandu para penyandang difabel ketika berjalan dengan aman tanpa rasa resah akan tertabrak oleh kendaraan maupun dari hal-hal lainnya.

Pada Tactile guiding block ini terdapat desain yang berguna untuk memberikan petunjuk untuk menjadi penunjuk jalan bagi penyandang Tunanetra dalam melangkah. Pada Tactile paving ini terdapat 2 motif yang tidak sama yang diambil dari huruf Braile.

2 bentuk pola tersebut merupakan pola garis-garis lurus yang mempunyai fungsi untuk memandu dan menunjukkan arah kepada penyandang Tunanetra, selain itu pun pola ini juga mempunyai makna bahwa di jalan tersebut dapat terus berjalan, Guiding block tactile paving ini sering dikenal dengan Tactile paving block Line type. Tactile guiding block line type ini biasa diterapkan berderetan memanjang selaras dengan rute jalan.

Satu bentuk pola yang lain adalah Tactile paving dengan motif titik bulat atau bulatan-bulatan kecil yang sering disebut dengan sebutan Guiding block tactile paving Spot type. Tactile guiding block spot type berguna untuk memberikan isyarat untuk berhenti atau memberitahukan bahwa adanya perubahan situasi.

  1. Memberikan keamanan bagi penyandang difabel di saat berjalan
    Meski mempunyai kelainan pada fisiknya, seorang penyandang Tunanetra tetap memiliki kewajiban yang sama dalam memakai fasilitas-fasilitas umum yang terdapat di masyarakat.

Dengan terdapatnya alat bantu tersebut diharapkan bisa berfungsi dalam meminimalkan terjadinya resiko bahaya yang dapat terjadi pada disabilitas di waktu berjalan.

Selain itu dengan dipasangnya Tactile paving ini dapat memberikan kemudahan akses untuk difabel serta untuk pengguna jalan lainnya.

  1. Memperindah tatanan kota
    Fungsi lain dari Tactile paving ini adalah untuk menambah keindahan dari tatanan kota sebab dengan adanya Tactile paving ini mampu memperindah pemandangan kota seperti jalanan umum, trotoar, dan lain sebagainya.

Selain itu, tentunya dengan melakukan pemasangan Tactile guiding block ini akan mendapatkan nilai lain yaitu sebagai kota yang peduli akan kebutuhan bersama tak terkecuali untuk para penyandang disabilitas.

Pemasangan Tactile Guiding Block

Jalur Guiding Block untuk Tunanetra

Pemasangan Tactile guiding block ini merupakan suatu penerapan dari peraturan Menteri Pekerjaan Umum No. 30 tahun 2006 mengenai “Pedoman Teknis Fasilitas dan Aksesibilitas pada Bangunan Gedung dan Lingkungan”.

Salah satu aksesibilitas untuk menggunakan berbagai fasilitas-fasilitas umum untuk penyandang disabilitas terutama bagi tunanetra dengan pemasangan guiding block yang mengadaptasikan tekstur huruf braile, sehingga dapat dikenali dan dapat memudahkan bagi penyandang disabilitas.

Tactile paving block ini biasanya dipakai pada lokasi-lokasi dan fasilitas-fasilitas umum misalnya trotoar, jalan, trotoar, stasiun, terminal, dan lain sebagainya.

Adapun jalur-jalur yang dipasangi dengan Tactile paving ini diantaranya yakni pada jalur lalu lintas kendaraan, di jalur menuju tangga, di depan pintu masuk dan keluar gedung, di jalur pintu masuk dan keluar transportasi umum, jalur untuk pejalan kaki misalnya trotoar, jalur yang menghubungkan antara jalan dengan bangunan, serta jalur umum yang mengarah ke transportasi umum terdekat.

Selain pada jalur di luar ruangan, pemasangan Tactile paving block dipasang pada gedung bangunan kecuali rumah tinggal dan rumah deret direkomendasikan untuk diberi fasilitas Tactile paving ini untuk membantu bagi disabilitas dan lanjut usia dalam melakukan kegiatan.

Saat ini pemakaian Tactile paving yang terbuat dari bahan logam lebih banyak digemari, terlebih untuk digunakan pada dalam bangunan. Tactile guiding block yang diproduksi dari logam terutama yang anti dengan karatan.

Pemakaian Tactile paving block dari logam ini mempunyai kelebihan baik dari desainnya yang mampu meningkatkan kawasan sekitarnya menjadi kelihatan lebih modern dan tatanan kota menjadi semakin rapi dan dari segi keawetan yang pastinya akan lebih kokoh dan tahan lama.

Dibutuhkan Tactile paving yang berkualitas supaya dapat mendapatkan manfaat yang semaksimal mungkin dari pemakaian Tactile guiding block tersebut bagi para penyandang difabel ataupun untuk pengguna jalan lainnya.

Supplier Guiding Block Berkualitas

Supplier Guiding block difabel

Apabila Anda menginginkan produk Tactile paving ini, terlebih yang terbuat dari logam yang tahan dengan karatan, kami mereferensikan untuk mencoba Tactile guiding block dari kami Futago.

Futago merupakan perusahaan manufaktur yang menyajikan banyak jenis produk turunan logam, diantaranya produk Tactile paving ini. Dari Tactile paving yang diproduksi dari logam biasa hingga Tactile guiding block yang dibuat dari logam stainless yang tahan karat.

Untuk desainnya pun bisa sesuai dengan kebutuhan dari customer, dan pastinya tanpa menghilangkan fungsi aslinya yakni sebagai media untuk memandu berjalan bagi penyandang difabel.

Untuk info ataupun sebelumnya ingin bertanya tentang produk Guiding block tactile paving ini bisa menghubungi nomor Telephon atau WA 0813-9399-8335 | 0813-9399-8336.

Kami FUTAGO akan selalu memberikan kepuasan dengan memberikan produk yang berkualitas dan pelayanan yang terbaik untuk setiap pelanggan kami.

Bagikan

Artikel

Guiding Block untuk Jalur TunanetraJalur Guiding Block untuk TunanetraSupplier Guiding block

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *