Grill & Manhole Cover Efektif Atasi Banjir

cara efektif atasi banjir

Optimal tidaknya sebuah sistem drainase/ saluran air bawah tanah untuk mengatasi banjir terutama di area jalan. Tidak dapat dipisahkan dari adanya komponen penunjang drainase yang dipasang di permukaan jalan secara tepat. Komponen itu tak lain dan tak bukan adalah grill dan manhole cover. Dengan adanya grill dan manhole cover ini, memungkinkan anda untuk membuat daerah tangkapan/ resapan air hujan di daerah dengan konstruksi padat buatan seperti aspal, beton, dll. Maka tak heran, apabila komponen grill dan manhole kini telah diakui sebagai komponen yang efektif untuk mengatasi banjir.

Memang dari segi fungsional grill dan manhole cover memiliki tugas yang cukup berbeda. Komponen grill yang dibuat sedemikian rupa layaknya “saringan”, bertugas menjadi alat penangkap air hujan agar air hujan tidak menggenang di permukaan jalan. Melainkan air tersebut akan langsung masuk ke dalam saluran drainase melalui celah-celah yang terdapat pada grill. Selain itu, melalui celah grill ini juga akan memastikan bahwa air yang masuk ke saluran drainase terbebas dari sampah-sampah maupun dedaunan. Sehingga dapat meminimalisir terjadinya penyumbatan saluran drainase akibat adanya sampah yang ikut dalam proses pengaliran. Dalam hal ini dapat dikatakan salah satu cara efektif atasi banjir.

Beralih ke komponen manhole cover, pada dasarnya komponen ini digunakan untuk menutup lubang drainase yang ada di permukaan jalan. Keberadaannya mempermudah para petugas mengakses saluran drainase ketika akan memperbaiki maupun melakukan perawaan saluran drainase tersebut. Meski demikian, tidak menutup kemungkinan ia juga mampu menjadi alat penangkap air permukaan yang efektif untuk mengatasi banjir. Karena desainnya dapat juga disertai celah/ lubang-lubang tempat masuknya air ke saluran drainase seperti grill.

Baca juga : Sama-sama untuk Tangkapan Air Jalan, Inilah Perbedaan Grill & Grating

Baik grill maupun manhole cover tersebut dapat dipasang di titik-titik tertentu tanpa perlu mengkhawatirkan keberadaannya akan mengganggu pengguna jalan. Karena keduanya sama-sama memiliki karakteristik yang kuat dan kokoh. Sehingga sangat mampu untuk menahan tonase jalan/ beban berat kendaraan yang melaluinya.

Kami memberikan solusi bagi anda yang sedang merencanakan penataan drainase kota atau mencari solusi yang pas/ cara efektif atasi banjir perkotaan. Kami memproduksi grill dan manhole cover secara customize, dimana anda bisa memesan ukuran, kekuatan, material, bentuk, hingga motif, ornamen kedua komponen tersebut sesuai dengan keinginan. Hubungi dan konsultasikan dengan kami sekarang juga! Dapatkan penawaran menarik untuk produk-produk logam cor terbaik hanya di futagotrotoar.co.id.

Bagikan

Artikel

grill jalangrill tangkapan airgrill trotoarmanhole coverpenutup lubang jalan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *