Jual Guiding Block Ubin Difabel Berkualitas

Supplier Guiding block Tunanetra

Jual Guiding Block – Untuk masyarakat terlebih yang berada di sekitar kota tentunya banyak menjumpai ubin atau keramik yang diatasnya mempunyai tekstur berupa titik-titik bulat kecil maupun berupa garis-garis yang memanjang.

Ubin keramik berpola ini tidak hanya difungsikan untuk meningkatkan keindahan tatanan kota semata, melainkan untuk menjadi alat pembantu dalam memandu penyandang difabel untuk menemukan jalan yang tepat dan aman.

Ubin atau keramik bertekstur ini kerap disebut dengan sebutan Guiding Block atau Ubin difabel. Guiding block ubin difabel jalur pemandu disabilitas ini bisa dikatakan sebagai ubin atau keramik yang memiliki permukaan berpola yang berguna untuk sarana dalam memandu penyandang Tunanetra untuk menemukan jalur yang aman untuk berjalan dan membantu penyandang disabilitas tersebut di dalam menuju lokasi tujuan.

begitu besar fungsi dari Guiding block ubin difabel ini menjadi lantai bertekstur yang digunakan untuk membantu memberikan kemudahan pada pejalan kaki berkebutuhan khusus atau penyandang disabilitas khususnya Tunanetra.

Pengertian Guiding Block

 

Tactile Aluminium Kantor Pengadilan Negri Wates5

Ubin difabel adalah media yang berupa ubin atau keramik yang sekarang ini sering dijumpai sebagai fasilitas yang diberikan kepada masyarakat baik di fasilitas berupa jalanan umum maupun pada gedung-gedung.

Ubin difabel jalurTunanetra ini sudah banyak terpasang khususnya di kota-kota besar misalnya saja Ubin difabel di kota Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, Semarang, Surakarta, Surabaya, Kalimantan, Medan, Bali, dan kota-kota lainnya di seluruh Indonesia.

Meskipun telah banyak terpasang di berbagai lokasi, sepertinya ada sebagian orang yang kurang mengetahui makna dan fungsi dari guiding block ubin difabel tersebut.

Penggunaan Ubin difabel block ini sudah popular dipakai di negara-negara maju dan saat ini telah ada peraturan perundang-undangannya untuk mewujudkan jalur ramah untuk penyandang Tunanetra.

Fungsi Guiding Block

Pemasangan Guiding Block

Tujuan dari penggunaan Tactile guiding block ini untuk difungsikan sebagai ubin keramik khusus yang dipasang untuk menjadi alat pembantu dalam memandu penyandang difabel supaya dapat memberikan kenyamanan dan keamanan baik untuk difabel ataupun untuk pejalan kaki yang lainnya.

Selain itu, ada banyak fungsi dari penggunaan Ubin difabel block ini, antara lain:

  1. Untuk Memandu Berjalan Penyandang Tunanetra
    Guiding block ubin difabel mempunyai peran utama yaitu sebagai sarana untuk mengarahkan para penyandang Tunanetra di saat berjalan dengan aman tanpa rasa resah akan tertabrak oleh kendaraan maupun dari hal-hal lainnya.

Pada Ubin difabel ini terdapat pola-pola yang berfungsi untuk memberikan tanda untuk menjadi penunjuk jalan untuk penyandang difabel ketika berjalan. Pada Ubin difabel block ini terukir 2 bentuk pola yang berbeda yang dipilih dari huruf Braile.

Dua pola tersebut merupakan pola garis-garis lurus yang memiliki kegunaan untuk memandu dan menunjukkan arah kepada penyandang disabilitas, selain itu pun motif ini juga memiliki pengertian bahwa di jalan tersebut dapat terus berjalan, Guiding block ubin difabel ini sering dikenal dengan Ubin difabel Line type. Guiding Block line type ini biasa dilekatkan sejajar memanjang sesuai rute jalan.

Satu motif yang lain adalah Guiding Block dengan motif bulatan-bulatan kecil atau titik bulat yang seringnya dikenal dengan panggilan Tactile guiding block Spot type. Guiding Block spot type berguna untuk memberikan petunjuk untuk berhenti.

  1. Memberikan kenyamanan untuk penyandang difabel ketika berjalan
    Walaupun mempunyai kekurangan pada fisik, seorang penyandang disabilitas tetap mempunyai hak yang sama dalam memakai fasilitas seperti jalan, trotoar, dan sebagainya yang terdapat pada masyarakat.

Dengan terdapatnya media bantu itu diharapkan dapat bermanfaat dalam meminimalisir adanya resiko bahaya yang dapat terjadi pada disabilitas di waktu berjalan.

Selain itu dengan adanya Tactile guiding block ini dapat memberikan kemudahan akses bagi difabel dan juga untuk pejalan kaki lainnya.

  1. Memperindah tampilan tata kota
    Kegunaan lain dari Tactile guiding block ini yaitu untuk menambah nilai keindahan dari tatanan kota sebab dengan terdapatnya Guiding Block ini memberikan nilai estetika yang lebih yang mampu memperindah tampilan kota seperti Jalanan kota, jalan ke suatu gedung bangunan, trotoar, dan lain-lainnya.

Selain itu, pastinya dengan memasang Ubin difabel block ini akan mendapatkan nilai lebih lainnya yaitu sebagai kota yang peduli akan kepentingan bersama tak terkecuali bagi para penyandang difabel.

Pemasangan Ubin difabel Block

Pemasangan Guiding Block

Pemasangan Guiding Block ini merupakan suatu penerapan dari peraturan Menteri Pekerjaan Umum No. 30 tahun 2006 tentang “Pedoman Teknis Fasilitas dan Aksesibilitas pada Bangunan Gedung dan Lingkungan”.

Salah satu aksesibilitas untuk menggunakan berbagai fasilitas-fasilitas umum untuk penyandang disabilitas terutama bagi tunanetra dengan pemasangan guiding block yang mengadaptasikan tekstur huruf braile, sehingga dapat dikenali dan dapat memudahkan bagi penyandang disabilitas.

Ubin difabel ini seringnya dipakai di tempat-tempat dan sarana-sarana umum misalnya trotoar, jalan-jalan, jalan taman, terminal, stasiun, Bank, dan lain sebagainya.

Kemudian adapun jalur jalan yang dipasangi dengan Guiding block ubin difabel ini diantaranya yakni pada jalur lalu lintas kendaraan, di jalur menuju tangga, di depan pintu masuk dan keluar gedung, di jalur pintu masuk dan keluar transportasi umum, jalur untuk pejalan kaki misalnya trotoar, jalur yang menghubungkan antara jalan dengan bangunan, serta jalur umum yang mengarah ke transportasi umum terdekat.

Selain pada jalur di luar ruangan, pemasangan Ubin difabel dipasang pada gedung bangunan kecuali rumah tinggal dan rumah deret direkomendasikan untuk menggunakan fasilitas Ubin difabel ini untuk membantu bagi penyandang disabilitas dan lanjut usia dalam melakukan kegiatan.

Sekarang ini pemakaian Ubin difabel block yang dibuat dari bahan logam lebih banyak digemari, terutama jika untuk dipasang di dalam gedung. Ubin difabel yang diproduksi dari logam hingga yang tahan terhadap karatan.

Penerapan Ubin difabel block dari logam ini mempunyai keunggulan baik dari desainnya yang dapat menambah wilayah sekitarnya menjadi terlihat lebih modern dan tatanan kota menjadi semakin cantik dan dari segi ketahanan yang pastinya akan lebih kokoh dan awet.

Diperlukan Ubin difabel yang bermutu supaya bisa memperoleh manfaat yang semaksimal mungkin dari pemakaian Ubin difabel block tersebut untuk para penyandang Tunanetra maupun untuk pejalan kaki lainnya.

Jual Guiding Block Berkualitas

Supplier Guiding block Tunanetra

Apabila Anda sedang mencari produk Tactile guiding block ini, terutama yang dibuat dari logam yang anti terhadap karat, kami sarankan untuk memilih Tactile guiding block dari kami Futago.

Futago merupakan perusahaan manufaktur yang menyajikan berbagai produk turunan logam, termasuk produk Ubin difabel ini. Dari Ubin difabel guiding block yang dibuat dari logam biasa hingga Ubin difabel yang diproduksi dari logam stainless yang tahan karat.

Untuk desainnya pun dapat sesuai dengan request dari customer, dan tentunya tanpa menghilangkan fungsi aslinya yakni sebagai media untuk membantu memandu berjalan bagi penyandang Tunanetra.

Untuk informasi ataupun bertanya tentang produk Ubin difabel guiding block ini dapat menghubungi nomor Telephon atau WA 0813-9399-8335 |  0813-9399-8336.

Kami FUTAGO akan selalu memberikan kepuasan dengan memberikan produk yang berkualitas dan pelayanan yang terbaik untuk setiap pelanggan kami.

 

Bagikan

Artikel

Harga Guiding BlockJual Guiding blockSupplier Guiding block

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *