4 Fasilitas Penyandang Disabilitas di Trotoar

4 Fasilitas Penyandang Disabilitas di Trotoar

Jalan adalah sebuah akses utama untuk semua masyarakat dalam beraktivitas sehari – harinya, baik itu sekolah, kiliah, bekerja ataupun yang lainnya. Tetapi apakah Anda tahu jika terkadang ada beberapa jalan yang berbeda pada jalan umum yang biasa digunakan banyak orang tersebut?

Salah satu tampilan yang terlihat berbeda di jalanan umum, terutama di jalan trotoar sendiri adalah untuk fasilitas penyandang disabilitas. Fasilitas tersebut memang khusus diberikan untuk mereka yang memiliki kekurangan agar dapat menikmati suasana di tempat itu sendiri atau lebih mudah dalam mengakses jalan trotoar itu sendiri.

Sebenarnya ada banyak sekali fasilitas penyandang disabilitas di jalan trotoar yang perlu diketahui, sehingga nantinya dapat lebih mengerti akan semua fungsinya. Apa saja fasilitas tersebut? Berikut adalah beberapa di antaranya:

Guiding Block

Pada dasarnya guiding block ini merupakan keramik ataupun ubin yang mempunyai desain khusus seperti garis lurus dan bulatan – bulatan yang sengaja diperuntukkan untuk membantu mengarahkan para pejalan kaki yang mempunyai kebutuhan khusus, terlebih untuk penyandang tunanetra.

Pemasangan guiding block ini sendiri juga merupakan penerapan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum tentang Pedoman Teknis Fasilitas dan Aksesiilitas. Dan salah satunya adalah fasilitas umum khusus untuk penyandang disabilitas, khususnya penyangdang tunanetra berupa guiding block.

Guiding block ini sendiri diadaptasi dari tekstur yang ada di huruf braile, jadi nantinya lebih mudah dikenali serta mempermudah para penyandang tunanetra ketika berada di trotoar ataupun tempat lain. Pola yang digunakan dalam guiding block sendiri berbentuk bulatan dan juga garis panjang.

Dimana kedua pola tersebut mempunyai makna berbeda, untuk pola bulatan berarti jalan terus. Guiding block juga diuat dengan warna berbeda dari warna jalan pada umumnya. Biasanya diwarnai dengan warna jingga atau kuning. Dengan demikian akan mudah dikenali nantinya.

Dot Tactile Alumunium Cor

Fungsi dari fasilitas penyandang disabilitas satu ini sebenarnya adalah untuk dapat mengarahkan penyandang tunanetra agar bisa lebih tepat dan terarah pada jalurnya. Beberapa bulatan timbul tersebut menandakan sebuah persimpangan pedestrian, terdapat trotoar ke kiri ataupun kanan.

Warna yang kontras tersebut mempermudah penyandang tunanetra yang masih memiliki sedikit penglihatan untuk dapat mengetahui kondisi dari jalan itu sendiri. Jalur disabilitas tersebut tentunya sangat berguna, sehingga diharapkan masyarakat tidak ikut berjalan di jalur ini, terlebih melakukan penyalahgunaan fasilitas di trotoar tersebut untuk berjualan.

Fasilitas ini memiliki bentuk bulatan dan terbuat dari bahan alumunium cor. Sehingga lebih berkualitas dan akan lebih awet serta membantu para penyandang tunanetra menjadi lebih mudah mengakses trotoar tersebut.

Portal S

Fasilitas bagi penyandang disabilitas yang sedang diramaikan akhir – akhir ini adalah portal S. Dimana fasilitas ini diperuntukkan untuk bisa menghalangi para pengendara sepeda motor yang dapat membahayakan para pejalan kaki ketika berjalan di trotoar, terutama para penyandang disabilitas.

Bentuknya yang seperti huruf S ini, nantinya akan mempermudah para penyandang disabilitas yang menggunakan kursi roda untuk dapat masuk ke trotoar.

Untuk bahan yang digunakan untuk membuat portal S ini sendiri adalah besi stainless serta biasanya ditempatkan pada ujung – ujung trotoar. Namun memang sangat disayangkan karena jumlah dari fasilitas portal S ini sendiri masih tergolong jarang ditemui.

Keramik Difabel

Tak dapat dipungkiri jika beberapa jalur pedestrian atau trotoar saat ini sudah mengaplikasikan keramik difabel untuk para penyandang disabilitas. Keramik itu sendiri biasanya dipasang dengan memanjang lurus untuk para penyandang tunanetra.

Dengan adanya keramik difabel pada trotoar tersebut, tentu saja para penyandang disabilitas akan terbantu dan tidak merasa jika mereka dipandang sebelah mata. Dimana mereka yang memiliki kebutuhan khusus sudah selayaknya memperoleh perhatian yang lebih dari kita.

Jalur khusus untuk difabel ini sendiri juga tersedia dalam berbagai model, salah satunya adalah keramik. Dimana memiliki kelebihan mudah untuk dipasang dan lebih cepat dalam pemasangannya.

Demikian beberapa fasilitas yang ada di trotoar untuk para penyandang disabilitas. Dengan adanya fasilitas – fasilitas tersebut, tentu saja akan memberikan kemudahan untuk mereka dan mereka juga dapat merasakan keadilan.

Bagikan

Artikel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Futago Karya