Ketahui Manfaat Manhole Cover Pada Trotoar

manfaat manhole cover pada trotoar

Dalam proyek pembangunan trotoar, banyak hal yang harus diperhatikan. Salah satunya yakni mempertimbangkan sistem drainase yang ada di kawasan pembuatan trotoar tersebut. Pada umumnya trotoar dibangun diatas saluran drainase agar lebih menghemat lahan disamping tujuan utamanya untuk menghindari terjadinya banjir di badan jalan. Sehingga tak jarang kita bisa menjumpai komponen-komponen drainase di area trotoar, seperti halnya manhole cover.

Manhole cover sendiri merupakan komponen drainase yang terbuat dari material besi cor. Bentuknya berupa lempengan besi yang dipasang rata dengan permukaan jalan. Pemasangan manhole cover pada trotoar tentu memberi manfaat yang banyak sebagai penunjang sistem drainase maupun trotoar. Dan beberapa manfaat pemasangan manhole cover pada trotoar itu adalah sebagai berikut

Sebagai penunjang keamanan pejalan kaki

Seperti yang telah disinggung di atas, di bawah trotoar pada umumnya terdapat sebuah saluran drainase. Hal ini mengakibatkan biasanya di beberapa titik tertentu trotoar dibuat lubang untuk akses pengecekan saluran air tersebut atau biasa yang disebut dengan istilah manhole. Keberadaan lubang yang besarnya cukup dimasuki tubuh seukuran tubuh laki-laki dewasa tersebut tentunya tidak bisa dibiarkan begitu saja. Maka dari itu, manhole cover diperlukan untuk menutup lubang/ manhole tersebut agar para pejalan kaki tidak terperosok kedalam saluran drainase.

Menjadi penahan beban para pejalan kaki

Apabila lubang saluran drainase dapat tertutup dengan baik, maka para pejalan kaki pun dapat leluasa berjalan di trotoar tanpa perlu berusaha menghindari lubang-lubang tersebut. Terlebih, manhole cover trotoar telah dibuat khusus agar memiliki karakteristik yang kuat dan kokoh. Sehingga manhole cover mampu menopang beban pejalan kaki dengan baik (tahan injak), tidak mudah bengkok dan patah.

Menambah keindahan trotoar

Siapa sangka bermula dari penutup lubang jalan, manhole cover juga bisa menjadi komponen dekorasi trotoar. Dengan proses pengecoran logam, memungkinkan manhole cover dapat dibuat dengan desain yang bervariasi. Khususnya pada bagian permukaan tutupnya, aneka motif/ ornamen/ tulisan hingga berbagai warna pun bisa dimuat. Desain manhole cover yang dekoratif tersebut tentunya dapat membuatnya lebih artistik dan mampu menambah keindahan serta nilai estetika trotoar kota anda. 

Itulah beberapa manfaat pemasangan manhole cover pada trotoar. Benar-benar multifungsi bukan?Apabila anda sedang merencanakan penataan trotoar kota anda, Futago Karya siap menjadi partner yang akan menyuplai kebutuhan manhole covernya. Manhole cover buatan kami memiliki kualitas yang tidak perlu anda ragukan lagi, berstandar nasional dan termurah! Untuk lebih lanjut dan konsultasi produk manhole cover untuk pedestrian/ trotoar, anda bisa menghubungi kami melalui kontak yang tertera di website ini/ WA 0822-2666-3377. Kami akan berikan pelayanan dan penawaran terbaik sesuai kebutuhan anda.

Bagikan

Artikel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Futago Karya