Pentingnya Deck Drain untuk Drainase Flyover & Jembatan

pentingnya deck drain flyover

Flyover (jalan layang) merupakan suatu jenis jalan yang dibuat melayang di atas tanah sebidang untuk mengurai kemacetan lalu lintas yang ada di bawahnya. Dalam pembangunan flyover ini tak dapat dipisahkan dengan bangunan-bangunan tertentu untuk mendukung konstruksi jalan, fasilitas lalu lintas dan fasilitas pendukung pengguna jalan.  Seperti salah satunya yaitu sistem drainase. Dibuatnya sistem drainase di jalan flyover ini bertujuan untuk meminimalisir genangan air/ banjir di jalan terlebih pada saat musim penghujan. Karena genangan air tersebut sangat mengganggu dan membahayakan para pengendara dalam berlalu lintas.

Jika dalam sistem drainase jalan memiliki grill dan grating sebagai komponen penunjangnya, maka khusus di jalan flyover digunakan komponen bernama deck drain. Lantas, apa pentingnya deck drain untuk drainase flyover ini?

Deck drain sebagai tangkapan air jalan

Fungsi deck drain hampir sama dengan komponen tangkapan air jalan lainnya seperti grill dan grating. Bentuk/ model permukaannya pun mirip dengan kedua komponen tersebut. Yakni berupa cover yang disertai dengan rongga/ lubang-lubang sebagai penangkap air. Melalui lubang ini lah deck drain mampu menjalankan fungsi sebagai tempat masuknya air di permukaan jalan ke dalam saluran pembuangan yang telah ditentukan.

Mengalirkan air ke saluran pembuangan yang tepat

Perlu diketahui, deck drain ini tak hanya didesain berupa cover (penutup) saja. Melainkan juga dilengkapi dengan tampungan atau storage pada bagian bawahnya. Tampungan ini berguna sebagai tempat penyambungan pipa pembuangan. Hal ini didasari  karena sistem drainase yang ada di jalan flyover tidak langsung bersinggungan dengan saluran drainase yang biasanya berada di bawah tanah. Oleh karena itu untuk mengalirkan air ke saluran drainasenya tersebut. Dipasang lah pipa-pipa dengan ukuran yang bervariasi pada tempat sambungan pipa yang ada pada deck drain tersebut.

Anda bisa mendapatkan produk deck drain tersebut untuk menunjang proyek drainase jalan flyover maupun jembatan kota anda di futagotrotoar.co.id. Kami memproduksinya menggunakan bahan logam besi cor kualitas tinggi. Selain itu kami juga membuka lebar dalam hal berdiskusi dan memberikan solusi terbaik demi terciptanya produk deck drain terbaik yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan anda.

Bagikan

Artikel

deck drain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *