Mengapa Manhole Cover Mayoritas Berbentuk Bulat?

mengapa manhole cover bulat

Manhole merupakan sebuah lubang yang dibangun untuk keperluan pemeliharaan sistem saluran drainase tertutup. Lubang manhole ini dibuat tidak terlalu besar agar lebih ekonomis. Dan yang terpenting ukurannya cukup untuk dimasuki oleh manusia seukuran laki-laki dewasa. Biasanya pembangunan manhole ini disertai dengan pemasangan benda yang dikenal dengan nama manhole cover. Yakni sebuah komponen penunjang drainase yang terbuat dari besi dan biasanya berbentuk bulat.

Hingga saat ini perkembangan dan inovasi bentuk manhole cover sendiri semakin beragam. Selain manhole berbentuk bulat, ada juga yang berbentuk persegi, atau bahkan segi banyak beraturan dan tidak beraturan lainnya. Namun jika kita perhatikan lebih dalam, yang sering kita temui di jalanan selama ini kebanyakan manhole cover berbentuk bulat. Mengapa demikian? Dibalik hal tersebut ternyata terdapat beberapa faktor yang menyertainya, beberapa diantaranya yaitu sebagai berikut.

Proses produksi lebih efisien

Dalam proses produksi manhole cover berbentuk bulat, operator akan lebih dimudahkan karena dimensinya mudah untuk dicetak. Seperti pada saat pembuatan cetakan pasir misalnya, resiko material tersebut rompal sangat minim. Lain halnya dengan bentuk persegi, resiko pasir untuk ambrol lebih besar terlebih pada area siku-sikunya. Hal ini berlaku juga pada saat proses pengangkatan manhole cover yang telah membeku. Apabila berbentuk bulat, daya angkat cetakan merata pada setiap sisi lingkaran. Sedangkan untuk bentuk persegi, daya angkat akan terjadi pada sisi siku. Sehingga biasanya menyebabkan bagian siku menjadi tidak rata.

Aksesibilitas lebih mudah

Pemasangan manhole cover berbentuk bulat sangat memudahkan para teknisi untuk mengakses bak kontrol drainase. Hal ini dikarenakan tidak adanya sisi yang membentuk sudut. Sehingga teknisi akan lebih leluasa dalam menentukan bagaimana posisi yang pas dan nyaman pada saat akan memasuki dan keluar dari saluran drainase. Selain itu apabila dibuat tanpa engsel, manhole cover berbentuk bulat akan lebih mudah untuk diputar maupun dipindahkan.

Sudah menjadi patokan & bentuk terfavorit di dunia

Banyak negara-negara yang telah menggunakan manhole cover sebagai komponen penutup lubang drainase. Bahkan beberapa diantaranya telah menjadikannya sebagai benda penghias jalanan yang memiliki nilai estetika tinggi. Salah satu contohnya adalah negara Jepang, pemasangan manhole cover di negara sakura ini sudah tak bisa dipungkiri lagi kepopulerannya. Bahkan berbagai negara di dunia seakan telah menjadikan negara Jepang sebagai panutan dalam pemasangan manhole cover untuk tata drainase kota.

Dan jika kita lihat kembali, bentuk manhole cover yang dipasang di berbagai tersebut adalah yang berbentuk bulat. Oleh karena itu, bisa dikatakan manhole cover jenis ini telah menjadi bentuk standar dan terfavorit yang paling sering digunakan. Sehingga tak heran, di Indonesia pun juga lebih banyak ditemukan pemasangan manhole cover berbentuk bulat dibandingkan dengan bentuk lainnya.

 Pilih manhole cover bulat atau bentuk lain?

Meski nyatanya manhole cover bulat lebih populer, namun penggunaan bentuk lain seperti kotak/ persegi juga tidak bisa ditinggalkan begitu saja. Karena pada dasarnya, selera dan kebutuhan pemilihan bentuk manhole cover ini tiap orang berbeda-beda. Dan beruntungnya anda menemukan Futago Karya melalui website kami ini. Sehingga anda dapat memilih apapun bentuk manhole, baik itu bulat atau kotak untuk disesuaikan dengan keinginan dan kondisi di lapangan. Kami selalu siap untuk memproduksinya dengan jaminan kualitas material, desain, dan harga terbaik.

Baca juga: Tips Memilih Manhole Cover yang Tepat

Jadi, jangan sungkan untuk mengkonsultasikan bentuk dan desain manhole cover yang benar-benar anda inginkan bersama kami. Hubungi kami sekarang juga melalui kontak yang tersedia di website ini dan dapatkan penawaran menariknya. 

Bagikan

Artikel

manhole coverpedestrianpenutup lubang jalansistem drainase

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Futago Karya