Sama-sama untuk Tangkapan Air Jalan, Inilah Perbedaan Grill & Grating

perbedaan grill dan grating drainase

Tidak dapat dipungkiri dalam pembangunan infrastruktur jalan memang tidak bisa dipisahkan dari adanya sistem drainase. Ya, benar saja. Karena sistem drainase merupakan sistem yang sangat vital guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan akibat dari kurangnya daerah resapan air di daerah permukaan yang beraspal/ beton tersebut. Meski keberadaannya di bawah tanah, sistem drainase memiliki komponen-komponen khusus yang dipasang di permukaan tanah. Seperti halnya grill dan grating. Kedua komponen ini sama-sama berfungsi sebagai tangkapan air jalan/ air hujan. Serta mengalirkan air tersebut ke dalam saluran drainase sehingga debit air di permukaan jalan dapat terkontrol dan tidak terjadi genangan/ banjir. Namun, mengingat keduanya memiliki fungsi yang sama, lalu apa perbedaan grill dan grating ini? Untuk mengetahui jawabannya, langsung saja simak ulasan berikut ini.

Ruang lingkup pengaplikasian

Untuk komponen grill, biasanya ia diaplikasikan dalam proyek jalan raya dan area pedestrian. Penempatannya pun dapat dilakukan di tengah jalan dimana menjadi lokasi yang sering dilalui oleh berbagai macam jenis dan ukuran kendaraan. Sedangkan grating memiliki ruang lingkup pengaplikasian yang jauh lebih luas. Yakni dapat digunakan dalam proyek lantai konstruksi industri. Atau dengan kata lain, penggunaan grating lebih cenderung untuk proyek bangunan industri, gudang besar, mess, area parkir, tangga pusat perbelanjaan, dll. Meski begitu, grating ini juga bisa diaplikasikan sebagai penutup aliran air/ penutup selokan yang biasanya terdapat di pinggir-pinggir jalan.

Kekuatan/ ketahanan terhadap beban

Melihat dari perbedaan ruang lingkup pemasangan diatas, maka beda pula kekuatan/ kualitas material yang digunakan untuk komponen grill dan grating. Disini kekuatan grill relatif lebih unggul daripada grating dikarenakan pengaplikasian grill berada di tempat-tempat yang dilalui oleh kendaraan yang berukuran besar (penahan tonase kendaraan). Namun kekuatan grating ini pun tak bisa diremehkan begitu saja. Ia memiliki kualitas ketahanan yang dapat dibuat berbeda-beda pula, mulai dari hingga kelas ringan hingga kelas menengah tentunya tergantung dimana wilayah pemasangannya. 

Dari sisi desainnya

Bentuk desain grill pada umumnya terdiri dari 2 bagian. Yakni bagian frame (bingkai) dan cover (penutup) sehingga membuatnya bisa dibuka dan ditutup dengan mudah. Lain halnya dengan grating, desainnya secara umum hanya cover saja tanpa adanya frame. Selain itu, bentuk grating biasanya hanya berupa persegi/ persegi panjang berbeda dengan bentuk grill yang lebih bervariasi.

Itulah beberapa perbedaan grill dan grating yang dapat kami sampaikan. Meski keduanya berbeda, namun manfaat dan fungsinya tak tergantikan sebagai penunjang konstruksi drainase jalan. Jika anda memiliki kebutuhan baik grill maupun grating, anda bisa mendapatkannya di futagotrotoar.co.id. Kami memberikan penawaran pembuatan grill maupun grating berkualitas tinggi, kuat, dan awet dengan harga yang sangat bersahabat.

Bagikan

Artikel

gratinggrating tutup selokangrill jalangrill tangkapan airpenutup lubang jalan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Futago Karya