Tips Memilih Grill Pohon/ Grill Tanaman Pada Trotoar

Tips memilih grill pohon/ grill tanaman pada trotoar

Adanya pohon yang ditanam di area trotoar memberikan manfaat yang begitu besar bagi lingkungan. Mulai dari membuat trotoar menjadi lebih rindang dan teduh. Hingga dapat membantu mengurangi polusi udara akibat asap kendaraan bermotor. Mengingat kebermanfaatannya yang begitu besar, maka sudah seharusnya pepohonan tersebut dijaga dan dirawat dengan sebaik mungkin. Untuk itu, tak jarang dalam penanaman pohon pada trotoar ini biasanya disertai dengan komponen penunjang lain. Seperti salah satunya yaitu komponen grill pohon / grill tanaman.

Grill pengaman pohon dipasang untuk melindungi area tanah resapan atau sebagai pembatas yang jelas dengan area tanah keras buatan seperti paving block, beton, dll. Keberadaannya pun juga dapat menjadi komponen penangkap air berlebih di permukaan sehingga genangan air/ banjir dapat diminimalisir. Namun, sebelum anda membeli grill pohon untuk menunjang tata pepohonan kota, ada baiknya simak tips memilih grill pohon/ grill tanaman pada trotoar berikut ini. Sehingga grill pohon yang anda pilih benar-benar dapat berfungsi secara maksimal.

Pilih grill pohon yang removable

Seperti yang telah kita ketahui bersama, bahwa tanaman pengganggu/ rumput liar mudah sekali tumbuh di tanah subur dimana pohon itu ditanam. Rumput liar ini dapat mengganggu pertumbuhan pohon tersebut. Untuk itu, apabila anda memilih desain grill pohon yang mudah dibuka dan ditutup (removable atau berengsel), maka proses perawatan pohon meliputi pembersihan rumput-rumput liar, pemupukan, dan lain sebagainya pun menjadi lebih mudah.

Pertimbangkan ukuran diameter lubang pohon memadai

Tips selanjutnya adalah sesuaikan besar antara pohon yang ditanam dengan ukuran lubang pohon pada grill pohon. Diameter lubang grill pohon harus longgar/ diberikan area kosong yang lebih besar sehingga dapat memuat batang pohon yang nantinya tumbuh semakin besar.

Optimalkan ukuran dan bentuk lubang air

Dibuatnya lubang-lubang kecil pada grill pohon/ grill tanaman pada trotoar tak lain dan tak bukan adalah untuk menangkap air permukaan. Terlebih pada saat turun hujan. Air hujan dapat langsung mengalir melalui lubang-lubang grill pohon dan meresap ke dalam tanah. Dengan hal ini genangan air di permukaan yang mengganggu pejalan kaki dapat berkurang.

Sesuaikan tipe grill pohon dengan kondisi lapangan

Grill pengaman pohon merupakan salah satu produk baja cor dengan proses pengecoran logam. Produk ini dibuat dengan karakteristik yang kuat dan kokoh. Namun jangan sampai salah, kekuatan grill ini dapat dibuat berbeda-beda tergantung seberapa berat beban yang akan menimpanya. Artinya jenis grill pohon yang dipasang hanya di sekitar akar pohon saja tentunya akan sedikit berbeda dengan grill pohon yang pemasangannya mencakup sebagai alas para pejalan kaki. Karena ketebalan suatu grill mempengaruhi terhadap cost/ anggaran pengadaan. 

Demikian beberapa tips memilih grill pohon/ grill tanaman pada trotoar yang harus anda perhatikan dalam rencana pengadaan komponen penunjang tata pepohonan kota anda. Jika anda mengalami kesulitan dalam memilih grill yang baik. Sekaligus membutuhkan supplier produk grill pohon yang berkualitas dan akurat. Anda bisa mengkonsultasikan terlebih dahulu kepada kami. Kami siap membantu anda untuk mewujudkan lingkungan trotoar yang ramah bagi masyarakatnya.

Bagikan

Artikel

grill jalangrill tanamangrill tangkapan airgrill trotoar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Futago Karya