Apa itu Sanimas? Apa Manfaatnya Bagi Masyarakat?

pengertian sanimas

Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus menggalakkan program untuk menyediakan sanitasi layak bagi masyarakat. Perlu diketahui, sanitasi menduduki prioritas utama bersama dengan akses air minum dan permukiman kumuh. Ketiganya berpadu dalam program yang disebut dengan 100-0-100. Yakni program yang memiliki target 100 persen akses air minum, 0 persen kawasan permukiman kumuh, dan 100 persen sanitasi layak. Untuk misi 100-0-100 itulah, pemerintah meluncurkan salah satu program sanitasi terdesentralisasi yang kita kenal dengan istilah Sanimas yang menyasar baik kawasan pedesaan maupun perkotaan.

Lalu, apa itu Sanimas?

Sanimas (Sanitasi Berbasis Masyarakat) merupakan program untuk peningkatan kualitas di bidang sanitasi khususnya dalam menyediakan prasarana pengolahan air limbah. Yang diperuntukkan bagi masyarakat di daerah kumuh dan padat perkotaan. Berbeda dari program sanitasi biasa yang dilakukan pemerintah, dalam pembangunan Sanimas ini menggunakan konsep pemberdayaan masyarakat untuk menjadikan masyarakat sebagai aktor utama dalam proses perencanaan, pembangunan, operasional, dan pemeliharaan fasilitas sanitasi komunal. Dengan adanya peran aktif dari masyarakat tersebut, diharapkan masyarakat akan merasa memiliki. Sehingga mereka tidak sungkan untuk memeliharanya sendiri demi terwujudnya kebermanfaatan fasilitas sanitasi yang berkelanjutan.

Program Sanimas ini sendiri bertujuan untuk membuat maupun memperbaiki sistem sanitasi yang telah ada. Sehingga pencemaran lingkungan dapat terhindarkan dan tercipta kondisi lingkungan yang lebih bersih, sehat, dan nyaman bagi manusia. Adapun berbagai manfaat lain dari program Sanimas ini yaitu sebagai berikut:

  1. Meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan hidup
  2. Menghindarkan dari berbagai macam penyakit akibat lingkungan yang tidak sehat
  3.  Mencegah atau mengurangi kemungkinan terjadinya polusi udara, misalnya bau tidak sedap.
  4. Mencegah atau meminimalisir kemungkinan terjadinya bencana banjir, dll

Untuk memperoleh manfaat dari program Sanimas tersebut, dapat dilakukan dengan berbagai macam kegiatan pembangunan. Seperti pembangunan prasarana mandi cuci kakus (MCK), membuat dan mengatur saluran pembuangan air hujan di pinggir jalan maupun air limbah rumah tangga, dan lain sebagainya.

Demikian sedikit ulasan mengenai apa itu Sanimas beserta manfaatnya. Sebagai tambahan, Futago Karya siap menjadi mitra program Sanimas anda dengan menyediakan berbagai macam komponen penunjang pembangunan fasilitas sanitasi seperti, komponen-komponen drainase. Untuk lebih lengkapnya dapat anda lihat di laman produk yang ada pada website ini.

Bagikan

Artikel

program sanimassanitasisistem drainase

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Futago Karya